TENTANG COVID-19

Ancaman penyebaran virus COVID-19 cukup menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat. Beberapa Sekolah dan Universitas di Indonesia melakukan daring atau kegiatan belajar mengajar secara online bahkan ada yang diliburkan. Namun, belum semua Instansi Pemerintahan dan Perusahaan di Indonesia memakai sistem work from home. Tentu setiap individu harus menjaga diri dan berusaha untuk menghindari keramaian.

Apa itu COVID -19?

COVID-19 (Pneumonia Coronavirus Disease 2019) adalah penyakit peradangan paru yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Gejala klinis yang muncul beragam, mulai dari seperti gejala flu biasa (batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang berkomplikasi berat (pneumonia atau sepsis). 1

Bagaimana Penyebaran COVID-19?

Cara penularan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 ialah melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu (biasanya 1 meter).

Droplet bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin. Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran droplet. Untuk penularan melalui makanan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiahnya. 1

Untuk tindakan pencegahan dapat melakukan hal-hal berikut ini :

  • Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin menggunakan tisu. Buang tisu di tempat sampah.
  • Menggunakan masker jika sakit. Ganti masker secara berkala, tetap di rumah dan segera ke fasilitas kesehatan.
  • Cuci tangan menggunakan air bersih minimal selama 20 detik atau menggunakan hand sanitizer  berbasis alkohol minimal 60%.
  • Menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan bergizi serta berolahraga.

Referensi:

1) Jakarta Tanggap COVID-19, https://corona.jakarta.go.id/

Untuk referensi lebih lanjut