(Surabaya, 30 Desember 2021) PT. PAL Indonesia (Persero) melakukan sosialisasi sistem media monitoring berbasis 4.0. Menjadi galangan kapal 4.0 pertama di Indonesia, PAL implementasikan automasi artificial intelligent di lini publikasi korporasi. Sosialisasi tersebut disampaikan langsung oleh Bapak Rariya Budi Harta selaku Sekretaris Perusahaan dan Bapak Joko Suyono selaku GM IT.
Kegiatan ini dalam rangka memberikan semangat yang sama kepada karyawan milenial terkait dengan implementasi industri maritime 4.0 di perusahaan. Seperti yang telah diketahui, perkembangan industri maritim kian pesat. Tidak hanya di lini bisnis, PAL juga memiliki concern khusus terhadap lini publikasi. Mengingat generasi milenial merupakan netizen paling kontributif dalam penggunaan social media. Transformasi industri maritim 4.0 yang didukung Software Project Management dan Enterprise Resource Planning yang di desain khusus untuk PAL, juga memaksimalkan peran dari artificial intelligent.
Sebagai pembicara utama, Bapak Rariya Budi Harta memaparkan bahwa “bahwa industry 4.0 tidak bisa di elakkan. Dan wawasan terkait 4.0 baik Artificial Intelligent dan sebagainya harus menjadi wawasan dasar bagi seluruh karyawan yang ada di PT PAL ”
Di kesempatan tersebut, selaku GM IT PAL Bapak Joko Suyono mengatakan “dalam 5-10 tahun kedepan karyawan milenial akan berada di posisi top management. Pertanyaannya adalah siap atau tidak untuk bisa mengikuti zaman dimana dunia sudah berada di era digitalisasi dan artificial intelligent menjadi konsumsi sehari-hari”
Teknologi sangat berperan penting bagi perusahaan saat ini untuk membantu setiap kegiatan agar lebih mudah. Sistem manual data entry yang dilakukan oleh Departemen Humas PAL kini sudah tidak berlaku dan digantikan dengan Automasi AI. Hal tersebut secara langsung bermanfaat untuk melakukan pengawasan pemberitaan terkait isu yang sedang hangat dengan menentukan sentimen pemberitaan, serta memungkinkan analisa untuk dasar pengambilan keputusan.
Dengan merubah semua secara digital, pengawasan media yang dilakukan oleh departemen humas lebih mudah, cepat dan akurat. Melalui software tersebut, kedepannya kinerja dari Departemen Humas akan lebih tertata dan teratur.
Tentang PT PAL Indonesia (Persero)
PT PAL Indonesia (Persero) merupakan perusahaan galangan kapal terbesar di Indonesia. Kami memiliki keunggulan bisnis pada kapabilitas Pembangunan dan rancang-bangun Kapal Perang dan Kapal Niaga; Pembangunan dan Maintenance, Repair, dan Overhaul ( MRO ) Kapal Selam; Maintenance, Repair, dan Overhaul Kapal Perang, Kapal Niaga, dan produk-produk kemaritiman; General Engineering produk Energi dan Elektrifikasi; dan Technology Development.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:
Utario Esna Putra
Kadep Hubungan Masyarakat
PT PAL Indonesia (Persero)
Telepon: 031-3292275 ext. 2002 Email: humas@pal.co.id