Selesaikan Final Docking, Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dr. Wahidin Sudirohusodo Siap Lanjutkan Harbour Acceptance Test

Selesaikan Final Docking, Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dr. Wahidin Sudirohusodo Siap Lanjutkan Harbour Acceptance Test

Selesaikan Final Docking, Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dr. Wahidin Sudirohusodo Siap Lanjutkan Harbour Acceptance Test

Selesaikan Final Docking, Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dr. Wahidin Sudirohusodo Siap Lanjutkan Harbour Acceptance Test

(Surabaya, 03/11) Tim Kemanproan Kapal BRS PT PAL Indonesia (Persero), Tim Kelaikan Material (TKM) dari TNI AL, dan Tim Satgas sukses laksanakan Sea Trial pada Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) dan Landing Craft Vehicle Personnel (LCVP) kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dr. Wahidin Sudirohusodo, yang dilaksanakan tanggal 25 Oktober 2021 di PT PAL Indonesia (Persero). Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) dan Landing Craft Vehicle Personnel (LCVP) sendiri merupakan bagian dari kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dr. Wahidin Sudirohusodo. Uji coba tersebut menandai salah satu pencapaian proyek sebelum pelaksanaan Harbour Acceptance Test (HAT).

Sea Trial pada Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) dan Landing Craft Vehicle Personnel (LCVP) Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dr. Wahidin Sudirohusodo oleh Tim Kemanporan Kapal BRS PT PAL Indonesia (Persero), Tim Kelaikan Material dari TNI AL dan Tim Satgas
Gambar 1.1 Sea Trial pada Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) dan Landing Craft Vehicle Personnel (LCVP) Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dr. Wahidin Sudirohusodo oleh Tim Kemanporan Kapal BRS PT PAL Indonesia (Persero), Tim Kelaikan Material dari TNI AL dan Tim Satgas

Sea Trial pada RHIB dan LCVP kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dr. Wahidin Sudirohusodo memenuhi parameter keberhasilan dengan tercapainya maximum speed sebesar 31,9 knots dan 30,7 knots pada LCVP ke-1 dan ke-2 dengan kondisi full load. Angka tersebut melebihi persyaratan minimum yang diamanatkan kontrak antara PAL dengan Mabes TNI AL yaitu sebesar 30 knots. Pada uji coba RHIB, maximun speed yang tercapai adalah 27,6 knots dengan persyaratan minimum 27 knots.


RHIB dan LCVP memiliki fungsi sebagai sarana angkut personil, relawan medis, atau peralatan dari darat ke kapal ataupun sebaliknya. Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) memiliki ukuran yang besar dan tidak bisa merapat ke daratan dalam kondisi tertentu atau diperlukan Tug Boat untuk menarik kapal ke dermaga, sehingga akan memakan waktu yang cukup lama. Hal ini membuat RHIB dan LCVP sangat diperlukan dalam mobilitas evakuasi medis dengan estimasi waktu lebih singkat, terutama dalam kondisi darurat.

Proses Docking Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) KRI dr. Wahidin Sudirohusodo
Gambar 1. 2 Proses Docking Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) KRI dr. Wahidin Sudirohusodo

Setelah dilakukan uji coba pada LCVP dan RHIB, akan dilanjutkan dengan final docking. Proses tersebut meliputi penyiapan peralatan pendukung di atas kapal untuk kelanjutan pekerjaan outstanding kapal, perbaikan lampu penerangan kapal yang berfungsi untuk pergeseran, open sea chest yang dilakukan pembersihan di dalamnya, pemeriksaan cat bawah garis air (BGA), penyempurnaan pengecatan di bagian kapal bawah garis air, pemeriksaan propeler dan daun kemudi (rudder blade), dan pembersihan bow thruster. Setelah final docking, akan dilakukan inclining test untuk memenuhi persyaratan HAT (Harbour Acceptance Test) dilanjutkan dengan SAT, dan serah-terima kapal.

Kemajuan proses pembangunan kapal Bantu Rumah Sakit dr. Wahidin Sudirohusodo secara keseluruhan telah mencapai sebesar 96,259%, dengan semua block sudah terpasang 100%,. Alat kesehatan yang telah siap beroperasi meliputi: X-Ray, CT-Scan, Mortuary Refrigerator, CSSD dan Ruang Isolasi untuk penanggulangan wabah menular seperti Covid-19.

Tentang PT PAL Indonesia (Persero)
PT PAL Indonesia (Persero) merupakan perusahaan galangan kapal terbesar di Indonesia. Kami memiliki keunggulan bisnis pada kapabilitas Pembangunan dan rancang-bangun Kapal Perang dan Kapal Niaga; Pembangunan dan Maintenance, Repair, dan Overhaul ( MRO ) Kapal Selam; Maintenance, Repair, dan Overhaul Kapal Perang, Kapal Niaga, dan produk-produk kemaritiman; General Engineering produk Energi dan Elektrifikasi; dan Technology Development.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Utario Esna Putra
Kadep Hubungan Masyarakat
PT PAL Indonesia (Persero)
Telepon: 031-3292275 ext. 2002
Email: humas@pal.co.id

  • https://adminssw.minori.co.id/minori/
  • https://2021.bintarolc.co.id/bintaro/
  • https://assessment.kadellabs.com/kadellabs/
  • https://simawa.uai.ac.id
  • https://sikoba.koni-kotabandung.or.id/css/konibandung/
  • https://ekinerja.binjaikota.go.id/absensi/environments/prod/-/gacor-nih/
  • https://dashboard.dss.unismuh.ac.id/storage/assets/
  • https://esign.brantas-abipraya.co.id/esign/index.html
  • Scatter Hitam
  • https://danielhowardwriting.com/
  • https://wahyublahe.id/wp-content/themes/-/Mahjong-wins/
  • https://www.15thcombatengineers.org/
  • https://satoglobalsolutions.com/
  • https://mttbapps.rsmurniteguh.com/murnih/
  • https://expertsystem-qa.rpn.co.id/rpn/
  • https://ibs.rshs.or.id/ibs-rs/
  • https://dewanarsitek.id/dewan/
  • Mahjong Ways 3
  • https://online.rsbaptiskdr.id/css/public/
  • http://siakad.stikesmuhbojonegoro.ac.id/img/scatter-hitam/
  • Slot Gacor Hari Ini
  • slotplus777
  • https://suburbannewsletter.com/
  • https://pastiwin777.uk/
  • Mbokslot
  • http://103.206.170.246:8080/visi/
  • https://mylm.lifemedia.id/assets/fonts/
  • https://pastiwin777.cfd/
  • https://rsjdahm.id/SImarsa/
  • https://heylink.me/Mbokslot.com/
  • https://bahanajar.schoolmedia.id/storage/bahanajar/