Salam Sehat! PT PAL Indonesia (Persero) Gelar Webinar Guna Menjaga Kesehatan Mental di Era Pandemi

(Surabaya, 14 Juli 2021) PT PAL Indonesia (Persero) menggelar Webinar dengan tajuk “Let’s Sharing! Kesehatan Mental di Era Pandemi” secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung di YouTube PT PAL Indonesia (Persero). Kegiatan Webinar tersebut mengundang Wing Antariksa, Chief of Human Resources Officer PT PAL Indonesia (Persero) sebagai opening speech, serta dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD.Pal.Med (ECU) Ahli Paliatif di RSU Dr. Soetomo Surabaya sebagai keynote speech.

Dimulai pada pukul 09.30 WIB, webinar diawali dengan sambutan pembuka dari Chief of Human Resources Officer PT PAL Indonesia (Persero), Wing Antariksa. Beliau menyampaikan mengenai pentingnya iman, imun, sehat mental dan spiritual ketika masa pendemi. Menurut beliau, di era pandemi seperti sekarang ini, pembahasan mengenai kesehatan mental dan spiritual masih sangat kurang dibandingkan dengan pembahasan mengenai protokol kesehatan atau semacamnya yang sering muncul di media sosial.

Chief of Human Resources Officer PT PAL Indonesia (Persero),
Gambar 1 Chief of Human Resources Officer PT PAL Indonesia (Persero), Wing Antariksa saat memberikan sambutan pembuka

Webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD.Pal.Med (ECU) Ahli Paliatif di RSU Dr. Soetomo Surabaya. Beliau menyampaikan bahwa mental sangat terkait dengan sistem imun yang dimiliki oleh manusia. Masalah-masalah psikis yang mendominasi tubuh seseorang bisa berakibat pada munculnya keluhan-keluhan pada tubuh. Di era pandemi seperti sekarang ini sangat penting untuk menaati aturan dari pemerintah, seperti 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas).

Salam Sehat! PT PAL Indonesia (Persero) Gelar Webinar Guna Menjaga Kesehatan Mental di Era Pandemi
Gambar 2 Pemaparan materi oleh dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD.Pal.Med (ECU)

varian ini jauh lebih berat dibandingkan dengan varian yang lain. Varian ini juga menurunkan efektifitas dari vaksin dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Dengan adanya berita kasus Covid-19 yang Lebih lanjut, dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD.Pal.Med (ECU) juga memaparkan mengenai karakteristik Varian Delta Covid-19. Varian ini lebih mudah menyebar dibandingkan dengan varian-varian Covid-19 lainnya. Varian ini menyerang di segala macam usia tanpa ada komorbid. Gejala yang ditimbulkan oleh meningkat tajam, berita rumah sakit yang penuh, obat-obatan sulit, banyak berita hoax, berita mengenai angka kematian yang tinggi dan lain sebagainya dapat menyebabkan sesorang mengalami stres yang berlebih.

Imun akan turun jika sesorang selalu bersedih, banyak mengeluh, banyak pikiran, selalu merasa takut, marah-marah dan lain sebagainya. Namun, imun juga dapat ditingkatkan dengan 5F yaitu fit, fresh, fun, food, and fight. Sikap yang pantas dalam menghadapi PPKM darurat seperti sekarang ini yaitu dengan sabar, stay at home (menjaga iman dan imun), WFO atau WFH (happy dan ikhlas), konsisten disiplin menaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker double, melakukan vaksinasi, serta optimis dan banyak berdo’a.

“Layanilah siapa saja dengan sepenuh hati (service champion), engkau pasti akan memperoleh hasilnya nanti.” Pesan dari dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD.Pal.Med (ECU).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Utario Esna Putra
Kadep Hubungan Masyarakat
PT PAL Indonesia (Persero)
Telepon: 031-3292275 ext. 2002
Email: humas@pal.co.id