PT PAL Indonesia (Persero) Tetap Dampingi UMKM untuk Kembali Bangkit di Masa Pandemi Covid-19

Surabaya (12/07) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan aktor ekonomi yang keberadaannya tidak dapat diabaikan dari masyarakat terutama di Indonesia sekarang ini. Keberadaan UMKM sangat bermanfaat bagi proses distribusi pendapatan masyarakat. Selain itu, UMKM juga dapat membentuk kreatifitas bagi masyarakat yang juga sejalan dalam hal mempertahankan dan mengembangkan usaha berdasarkan unsur-unsur kebudayaan dan tradisi. Melalui UMKM, angka pengangguran dapat dikurangi melalui penyerapan tenaga kerja mengingat penduduk Indonesia sangat besar jumlahnya. Dalam mengembangkan usaha, pengusaha harus mampu memanfaatkan potensi dan peluang yang ada untuk membentuk sebuah kreatifitas usaha sehingga dapat menaikkan daya tarik masyarakat untuk membeli suatu barang atau produk sebuah usaha.

Harus diakui bahwa hadirnya Covid-19 di Indonesia, telah membuat menurunnya daya beli masyarakat. Dikarenakan mulai berkurangnya aktivitas yang dilakukan di luar rumah, sehingga kesulitan dalam memperoleh bahan baku karena adanya kendala transportasi, serta mulai turunnya kepercayaan masyarakat terhadap produk di luar rumah terutama pada bidang kuliner makanan.

PT PAL Indonesia (Persero) Tetap Dampingi UMKM
Gambar 1. Bahan Baku Produk Palet Kayu UD Global Paletindo Sukses

Dampak Pandemi Covid-19 juga turut dirasakan oleh UD Global Paletindo Sukses (GPS), M. Teguh Waradi selaku pemilik mengatakan bahwa jika pada awal Pandemi Covid-19 usahanya mengalami penurunan secara drastis, hingga awal 2021 mulai berangsur normal kembali. UD Global Paletindo Sukses (GPS) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan palet kayu. Perusahaan ini melayani kebutuhan industri atau lain sebagainya sesuai dengan permintaan atau pesanan dari konsumen. UD GPS berdiri sejak tahun 2005, berlokasi di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Kualitas dari palet kayu yang dijual tidak perlu diragukan lagi, karena sudah berstandar ISPM No.15. Hasil produksi dari UD GPS banyak dipakai oleh perusahaan lokal, nasional maupun multinasional. UD Global Paletindo Sukses (GPS) menjadi salah satu mitra binaan dari PT PAL Indonesia (Persero). Melalui program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) banyak membantu UMKM mitra binaan dengan memberikan modal kepada mereka. Program kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri.

PT PAL Indonesia (Persero) Tetap Dampingi UMKM
Gambar 2. Proses Pembuatan Palet Kayu UD Global Paletindo Sukses

M. Teguh Mawardi sebagai pemilik dari UD GPS ini memberikan pernyataannya mengapa memilih PT PAL Indonesia (Persero) sebagai salah satu mitranya. Beliau menyatakan bahwa karena bunga yang didapatkan murah serta dipermudah saat pengajuan proposal. Beliau juga menambahkan bahwa PT PAL Indonesia (Persero) selalu memantau UMKM mitra yang sedang dibina dengan pendampingan intensif secara rutin. M. Teguh Mawardi merasa sangat terbantu dengan adanya program kemitraan yang telah dicanangkan oleh PT PAL Indonesia (Persero). Menurut beliau, banyak keuntungan yang didapatkan dari adanya program kemitraan ini, khususnya dari segi permodalan sangat terbantu.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Utario Esna Putra
Kadep Hubungan Masyarakat
PT PAL Indonesia (Persero)
Telepon: 031-3292275 ext. 2002
Email: humas@pal.co.id