Mitra Binaan PT PAL Indonesia (Persero), CV Tonggak Semi Turut Kontribusi dalam Penanganan Covid-19 dengan Menjadikan Tetes Tebu sebagai Bahan Baku Hand Sanitizer

Surabaya (12/07) Pandemi Covid-19 membawa dampak yang signifikan terhadap sektor perekonomian di Indonesia terutama pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Banyak pelaku UMKM yang tidak bisa menjalankan usahanya secara maksimal sehingga banyak kebutuhan dasar palaku UMKM yang tidak terpenuhi. Untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional, salah satunya bisa dengan memberi dukungan terhadap UMKM. PT PAL Indonesia (Persero) turut berperan aktif membantu para pelaku UMKM untuk bertahan pada masa pandemi Covid-19 melalui program kemitraan. Salah satu mitra binaan dari PT PAL Indonesia (Persero) yaitu CV Tonggak Semi.

Mitra Binaan PT PAL Indonesia (Persero)
Gambar 1. Contoh produk yang dijual oleh CV Tonggak Semi

CV Tonggak Semi adalah perusahaan yang menjual tetes tebu dan bergerak di bidang agrobisnis. CV Tonggak Semi berdiri pada tahun 2010, berawal dari H. Iskak melihat di halaman rumahnya dijadikan untuk parkir motor-motor yang membawa tangki berisikan tetes. Beliau memiliki ide untuk memanfaatkan sisa dari gula lalu dijual kepada peternak dan pembuat petis. Bebekal dari itu semua, beliau memberanikan diri untuk mendirikan CV Tonggak Semi yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur. CV Tonggak Semi sudah berhasil mengembangkan usahanya hingga memiliki omset 150 juta perbulannya.

PT PAL Indonesia (Persero) turut aktif dalam memberikan bantuan modal untuk para pelaku UMKM mitra binaannya. Hal ini dibenarkan oleh H. Iskak, beliau menyampaikan bahwa program kemitraan PT PAL Indonesia (Persero) sangat membantu pelaku UMKM, modal yang diberikan oleh PT PAL Indonesia (Persero) cukup banyak dan dengan cicilan yang meringankan untuk mitra. Selain hal itu, PT PAL Indonesia (Persero) juga melakukan pelatihan intensif yang diberikan khusus kepada para pelaku UMKM mitra binaan.

Mitra Binaan PT PAL Indonesia (Persero)
Gambar 2. Proses pengiriman produk unggulan CV Tonggak Semi

Di tengah pandemi Covid-19, CV Tonggak Semi berhasil bertahan dan survive. H. Iskak menjelaskan bagaimana CV Tonggak Semi survive. “Sebenarnya saat pandemi Covid-19 berdampak cukup besar bagi psikologis pelaku usaha. Saya melakukan langkah-langkah inovasi produk dengan mengolah tetes tebu yang saya miliki menjadi alkohol dan hand sanitizer. Karena hal itu, permintaan dari konsumen makin naik. Ujarnya.”

Pemilik CV Tonggak Semi, H. Iskak menyampaikan harapan kedepannya untuk PT PAL Indonesia (Persero). Beliau berharap usaha miliknya terus diberi support oleh PT PAL Indonesia (Persero), karena menurutnya support dari PT PAL Indonesia (Persero) sangat berarti bagi usahanya serta semoga apa yang dilakukan oleh PT PAL Indonesia (Persero) dapat menjadi contoh bagi BUMN maupun pengusaha besar lainnya agar dapat memberikan kontribusi terbaik bagi pelaku usaha mikro.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Utario Esna Putra
Kadep Hubungan Masyarakat
PT PAL Indonesia (Persero)
Telepon: 031-3292275 ext. 2002
Email: humas@pal.co.id