Keren! Menuju Green Industry, PT PAL Indonesia (Persero), Sulap Lahan Tandus menjadi Lahan dengan Lahan Hijau dan Asri

PT PAL Indonesia (Persero) sebagai perusahaan konstruksi di bidang industri maritim dan energi turut memperhatikan pelestarian lingkungan. Dengan berpartisipasi dalam program pemerintah penanaman satu miliar pohon, PT PAL Indonesia (Persero) melalui Biro Kebersihan dan Pertanaman Departemen Tata Ruang Tata Graha Divisi Kawasan memanfaatkan lahan kosong yang ada untuk dipergunakan sebagai lahan pembibitan dan penghijauan.

Kepala Biro Kebersihan dan Pertanaman Moch. Junaidi Hidayat, S.ST menjelaskan bahwa adanya program ini tak hanya untuk mengurangi gas-gas hasil produksi yang kurang baik bagi makhluk hidup, namun juga untuk menambah kadar oksigen di PT PAL Indonesia (Persero). “Adanya proses produksi pastinya menghasilkan gas-gas yang kurang baik bagi makhluk hidup, jadi penghijauan ini merupakan salah satu usaha dari perusahaan untuk mengurangi gas-gas tersebut, yang juga untuk menambah kadar oksigen yang ada di perusahaan, ujarnya.”

Menuju Green Industry, PT PAL Indonesia (Persero), Sulap Lahan Tandus menjadi Lahan dengan Lahan Hijau dan Asri
Gambar 1. Lingkungan Asri dan Hijau di area Dok Irian PT PAL Indonesia (Persero)

Program pembibitan ini mulai dilaksanakan PT PAL Indonesia (Persero) tepatnya pada area Divisi Produksi. Kurang tersedianya daerah resapan air membuat Kepala Biro Kebersihan dan Pertamanan Moch. Junaidi Hidayat, S.ST memilih lahan kosong yang berada di area Divisi Produksi ini. Selain itu, program pembibitan ini dilakukan juga untuk mendukung upaya Kementerian BUMN berupa Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) terutama dalam bidang pengendalian dan pemanfaatan lahan, tepatnya di lahan produksi yang optimal untuk penghijauan.

Pembibitan ini dilakukan dengan menggunakan media tanam seperti pot. Namun tak jarang juga tanaman yang langsung ditanam di lahannya. Untuk jenis tanaman yang ditanam langsung di lahan kosongnya sejenis pohon jati, glodokan tiang, dan pohon mahoni. Kemudian untuk jenis tanaman yang ditanam menggunakan media tanam (pot) berupa pucuk merah dan tanaman toga. Ukuran dari media tanam (pot) juga bervariasi mulai dari ukuran kecil hingga yang berdiameter 1 meter.

Menuju Green Industry, PT PAL Indonesia (Persero), Sulap Lahan Tandus menjadi Lahan dengan Lahan Hijau dan Asri
Gambar 2. Ka. Biro Kebersihan dan Pertamanan menunjukkan hasil pembibitan yang ada di area pembibitan PT.PAL Indonesia (Persero)

Adanya dukungan dari pihak manajemen menjadikan program penanaman bibit ini membuat lingkungan PT PAL menjadi lebih sejuk, jauh dari kesan industri manufaktur yang kumuh, dan rindang. Sejauh ini jumlah dari masing-masing tanaman itu sendiri terdiri dari 200 tanaman pucuk merah yang berada di media tanam (pot), 150 tanaman toga, dan 200 pohon gelodokan tiang. Dengan terlaksananya program ini diharapkan di tahun 2022 seluruh tanaman toga sudah tersebar ke masing-masing unit kerja yang ada di PT PAL Indonesia (Persero) secara merata. Hal ini selaras dengan tujuan besar perusahaan dalam pemenuhan Alutsista Nasional khususnya Matra Laut dan Energi yang tetap ramah lingkungan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Utario Esna Putra
Kadep Hubungan Masyarakat
PT PAL Indonesia (Persero)
Telepon: 031-3292275 ext. 2002
Email: humas@pal.co.id