PT PAL Indonesia (Persero) Terapkan Berbagai Upaya Preventif Covid-19

2020-03-26 09:00:00

 

PT PAL Indonesia (Persero) melakukan berbagai upaya preventif untuk mencegah penularan COVID-19, diantaranya melalui:

Work From Home

PT PAL Indonesia (Persero) menjalankan metode Work From Home (WFH) dimulai 18 Maret 2020 bagi karyawan yang berada di Divisi Supporting untuk mencegah penularan COVID-19 namun tetap menjalankan proses bisnis. Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh mengeluarkan edaran No. SE/01/10000/III/2020 tentang Prosedur WFH. Sehubungan PT PAL Indonesia (Persero) sebagai galangan kapal sedang membangun proyek-proyek Pemerintah dan Swasta strategis bagi Bangsa, Negara, dan Masyarakat sehingga proses produksi akan tetap berjalan sesuai jadwal. Pelaksanaan WFH tidak mempengaruhi komitmen PT PAL Indonesia (Persero) dalam pembangunan produk Alutsista dan non-Alutsista secara Tepat Mutu, Tepat Waktu dan Tepat Guna.

Tujuan dari WFH adalah:

a.    Mencegah dan meminimalisasi penyebaran, serta mengurangi risiko Covid-19 di lingkungan pekerjaan pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

b.    Memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing dapat berjalan efektif untuk mencapai kinerja masing-masing unit kerjai di PT PAL Indonesia (Persero).

c.    Memastikan pelaksanaan proses bisnis di PT PAL Indonesia (Persero) dapat tetap berjalan efektif.

Dalam pelaksanaan WFH, komunikasi menjadi kunci kelancaran bekerja. Komunikasi menyeluruh antara karyawan dengan atasan, karyawan dengan karyawan, maupun antara karyawan dan atasan dalam waktu yang bersamaan. WFH dilaksanakan selama masa tanggap darurat COVID-19 dan akan ditinjau urgensinya setiap hari.

Pembatasan Kunjungan

Pembatasan kunjungan dilakukan oleh PT PAL Indonesia (Persero) untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kunjungan dari pihak eksternal tetap dapat dilakukan sepanjang memiliki urgensi yang tinggi serta mematuhi protokol yang diterapkan oleh PT PAL Indonesia (Persero) selama masa tanggap darurat COVID-19 seperti memantau suhu tubuh setiap pengunjung menggunakan thermal scanner.

Extra Voeding Susu Bagi Karyawan

Untuk meningkatkan daya tahan dan imunitas fisik karyawan, PT PAL Indonesia (Persero) selama masa tanggap darurat COVID-19 memberikan susu segar bagi seluruh karyawan disamping natura makan siang yang telah diberikan setiap hari.

 

 

Sosialisasi Bagi Karyawan

Sosialisasi bagi karyawan mengenai COVID-19 dan upaya preventif COVID-19 dilakukan melalui berbagai media yaitu: media tatap muka langsung oleh Divisi Keamanan dan K3LH kepada seluruh karyawan pada tiap-tiap Divisi, media infografis melalui banner, media sosial Instagram, dan website perusahaan oleh Divisi Sekretaris Perusahaan.


Penyemprotan Disinfektan, Penyediaan Hand Sanitizer dan Alat Pelindung Diri (APD)

PT PAL Indonesia (Persero) melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala setiap hari di kantor, fasilitas produksi, dan fasilitas umum. Selain itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan kepada seluruh karyawan yang akan memasuki PT PAL Indonesia (Persero). PT PAL Indonesia (Persero) menyediakan hand sanitizer di setiap sudut kantor, ruangan tiap Divisi hingga Departemen, Fasilitas Produksi yang biasa diakses oleh karyawan serta menyediakan APD seperti masker dan sarung tangan steril bagi karyawan yang berhubungan langsung dan intens dengan orang lain seperti Satuan Keamanan dan Ketertiban serta K3LH.